Syaloom

Selamat datang bagi pengunjung blog ini, terima kasih atas kunjungan anda pada blog ini anda dapat download lagu-lagu rohani khusus quartet (male or ladies) termasuk partitur yang kami telah sediakan.

Blog ini khusus saya buat untuk membantu teman-teman yang mempunyai hobi menyanyi lagu-lagu rohani tetapi pada saat tertentu tidak mempunyai cukup partiture. Dan sesuai dengan judulnya maka blog ini khusus dibuat untuk quartet grup vokal, apakah itu male quartet atau ladies quartet.

Banyak orang didunia ini dan hampir semua orang yang ada di jagad raya ini menyukai musik. Sebab itu saya ingin mengajak semua teman-teman yang ingin partisipasi dalam blog ini saya persilahkan untuk memberi saran dan bahan untuk memajukan grup-grup quartet. Sering kita menyanyikan sebuah lagu dengan baik dan pendengar cuma menyukai harmoninya saja tetapi pekabaran dalam lagu itu sendiri tidak didapat karena pendengar tersebut tidak mengerti bahasa yang dinyanyikan dalam lagu tersebut untuk itu melalui blog ini saya sekali lagi mengajak siapapun untuk urung rembuk agar blog ini disukai dan dapat bermafaat buat kita semua.

Untuk itu saya akan mencoba untuk mentransfer dari partiture aslinya kedalam bahasa Indonesia. Shalom regards,

GBU
E. Nanlohy



TRANSLATORS...

Jumat, 20 September 2013

Ringkasan Pelajaran Sekolah Sabat Keduabelas September 21,2013




" REFORMASI : MEMULIHKAN HUBUNGAN-HUBUNGAN YANG RUSAK ”
Bacaan Alkitab :  2 Tim. 4:11; Flp.1-25 , 2 Kor . 10:12-15; Rom . 5:8-11 ; Mat . 18:15-17.
Ayat Hafalan:  Sebab jikalau kita, ketika masih seteru, diperdamaikan dengan Allah oleh kematian Anak-Nya, lebih-lebih kita , yang sekarang telah diperdamaikan, pasti akan diselamatkan oleh hidup-Nya”  ( Roma 5:10.)
  
I. Pengantar
II . Dari
Keretakan Kepada Persahabatan
III . Dari
Hamba Kepada Anak
IV . Dari Perbandingan
Menjadi Melengkapi
V. Dari
Pergesekan Menjadi Pengampunan
VI . Dari
Benci Kepada Pemulihan
VII . Studi lebih lanjut

 1 . Mengapa reformasi dipandang se
suatu yang dibutuhkan sekarang ini?
 2 .
Apa-apa saja yang perlu direformasi ?
 3 . Mengapa panggilan untuk reformasi Gereja
kita di seluruh dunia di abad 21 ?
 4 . Apakah reformasi
adalah tanggung jawab para pemimpin atau semua anggota ?
 5 .
 Apa peran masing-masing ?
 6 .
 Apa artinya harus direformasi ?
 7 .
 Apakah reformasi dan transformasi terkait atau terpisah ? Sequential ?  Simultan ? Selalu ?
 8 .
 Haruskah kita punya motto , atau slogan , untuk kebutuhan Reformasi di gereja ? jika demikian, apakah Anda punya saran ?
 9 .
 Bagaimana reformasi terjadi ? Apakah itu sesuatu yang dapat kita atur untuk mencapai nya?
 Dapatkah reformasi , atau transformasi diarahkan , didorong ? Apakah mereka
itu datang  dari atas ke bawah atau dari " gerakan akar rumput ? Apakah itu suatu masalah apabila kita  mengambil langkah-langkah terlarang tertentu dan ada kemauan reformasi yang  tak terelakkan ? bagaimana kita tahu bahwa reformasi  benar-benar terjadi? Lihat DA 509 .
 10 . Apa cita-cita Allah
dalam hubungan kita satu sama lain dan dengan-Nya ? Apakah ada prinsip-prinsip umum dalam memulihkan hubungan kita satu sama lain dan dengan  Dia?

 Minggu ini kita dipanggil untuk mempertimbangkan beberapa hubungan yang
retak dari Perjanjian Baru
 Pedoman
pelajaran ini menjelaskan bahwa prinsip-prinsip ( resolusi konflik ) " sangat  berharga bagi gereja kita pada hari ini. Mereka mengungkapkan hasil positif yang bisa datang ketika kita menggunakan  prinsip- prinsip Alkitab untuk menangani konflik . " Pertanyaan :  Apakah Anda setuju atau tidak setuju ? Atau ada pemikiran lainnya? Apakah ada prinsip-prinsip Alkitab lainnya ? Bagaimana Perjanjian Lama ?  Hubungan yang bagaimana  Tuhan inginkan untuk kita miliki antara satu dengan lainnya?

1.Keretakan persahabatan ( pelajaran sepanjang minggu ini ) membicarakan  tentang Paulus dan Yohanes Markus .Pada mulanya Allah telah menciptakan manusia itu sepasang, dua insan berbeda jenis,laki-laki dan perempuan, sebab tidak baik manusia hidup sendirian (kej.2:18).Jadi Allah sendiri yang membuat manusia sebagai mahluk social. Manusia diciptakan untuk saling bergaul dan menjalin hubungan-hubungan antar pribadi (horizontal). Selain hubungan horizontal dengan sesama kita juga menjalin hubungan vertikal dengan Tuhan. Hubungan horizontal didasarkan atas dasar saling membutuhkan sedangkan hubungan vertikal karena kita membutuhkan Tuhan. Dia yang menciptakan dunia dengan segala isinya dan Dia lah yang empunya hidup dan nafas. (pelajaran hari Sabat sore) Roh Kudus bekerja dalam hati manusia untuk mempengaruhi mereka didalam membangun dan memelihara  hubungan horizontal dan vertikal.
2.Pertikaian bisa terjadi kepada siapa saja dan kapan saja dan oleh penyebab apa saja, termasuk juga rasul-rasul di dalam Alkitab.Sekalipun Allah menggunakan orang-orang ini, persoalaan diantara mereka perlu pemecahan.Sang rasul, yang menghotbahkan kasih karunia, perlu mengulurkan kasih karunia itu kepada seorang penginjil  muda yang telah mengecewakan dirinya. Rasul dari pengampunan perlu mengampuni. Paulus cepat memvonis sedangkan Barnabas mempunyai jiwa seorang pemimpin dia dapat melihat dengan jeli potensi yang ada dalam diri Yohanes Markus (kaderisasi). Sikap yang tegas dari kedua pemimpin mempunyai pengaruh positif terhadap Yohanes Markus sebagai generasi penerus. Sikap Paulus menjadi pemicu untuk dirinya untuk membuktikan bawa dia bisa, dari Barnabas mendorong Yohanes agar tidak mengecewakan kepercayaan yang diberikan padanya. (Pelajaran hari minggu)  Kedua pemimpin ini mencari jalan keluar dengan tetap menghargai pendapat masing-masing karena kedewasaan berpikir. Perselisihan dalam pekerjaan Tuhan adalah hal yang tak terelakkan, karena factor manusia,soal kebijakan dan sikap. Bila kita tetap berpijak pada kebenaran dan ketulusan hati pasti ada jalan keluar yang terhormat.
3.Hubungan antara Paulus dan Filemon dan dengan Onesimus adalah gambaran hubungan antara pendeta sebagai pemimpin dan gembala jemaat dengan para anggota jemaat. Hubungan kesetaraan tanpa pandang bulu, apkah dia orang kaya dan terhormat atau dia orang miskin dan bersahaja.Faktor kedekatan hubungan berperan penting dalam pekerjaan Tuhan dan penginjilan. Hubungan yang baik diantara para pekerja injil dan pelayan Tuhan, sebagai pribadi maupun kelompok ,merupakan peran penting dalam mencapai sukses. (Pelajaran hari senin).
4.Kebersamaan bukan persaingan. Allah memanggil kita untuk bekerjasama bukan berkompetisi walaupun kita mempunyai karunia roh yang berbeda-beda, sebab tidak ada karunia yang lebih besar atau lebih kecil.semua itu diperlukan dalam jemaat. Salah satu sifat manusia yang lumrah adalah suka membanding-bandingkan dalam hal apa saja. Itu adalah sifat bawaan, atau juga pengalaman masa kecil ketika kita dipanas-panasi oleh lingkungan kita (orang tua, keluarga,teman,atau guru) dengan maksud agar kita berprestasi lebih baik lagi dan tidak dikalahkan oleh orang lain, hal itu sering terbawa sampai orang itu dewasa. Semua perbanding itu tidak baik sebab akan membuat kita merasa kecewa atau sombong.Kedua sikap itu akan melumpuhkan efektivitas kita bagi Kristus. Kita sekarang hidup di dunia yang sarat dengan persaingan, tanpa disadari roh persaingan itu terbawa masuk kedalam lingkungan gereja dan pekerjaan Tuhan.(Pelajaran hari  selasa).
5.Sebagian orang percaya bahwa gesekan adalah konsekuensi logis dari suatu kedekatan. Pohon yang berdekatan sering bergesekan. Gereja adalah tempat berhimpun banyak orang yang datang ke salib Kristus, sangat mungkin untuk bergesekan. Apalagi sebuah gereja yang sarat dengan aktivitas , pergesekan adalah sesuatu yang tak mungkin dapat dihindari. Ditengah –tengah kerumunan manusia yang menonton konser music orang bisa saling menginjak sembari tersenyum, mengapa di jemaat yang menikmati suasana eforia penebusan dan keselamatan kita menjadi begitu sangar ketika sedikit saja tersentuh, Normalnya , di dalam gereja atau dalam pekerjaan Tuhan tidak banyak orang yang dengan sengaja mencari keributan dengan orang lain. Sikap suka meminta maaf dan suka mengampuni adalah ciri tabiat serta nilai moral Kekristenan sejati.Menjadi orang Kristen berarti menjadi penyabar, sebab Yesus mengajarkan demikian. Meminta maaf dan saling memaafkan adalah dua sisi mata uang, yang tidak dapat dipisahkan.(Pelajaran hari rabu).
6.Dalam Mat 18:15 kata asli berbuat dosa adalah berbuat salah atau melanggar terhadap suatu peraturan atau melanggar hukum Allah.Tentu saja dalam konteks ini ialah menggamggu kenyamanan orang lain, termasuk menyakiti perasaan apabila itu terjadi dilakukan step pertama yaitu menegur secara empat mata. Langkah kedua kalau yang pertama tidak berhasil yaitu membawa seorang atau dua orang lain. Yaitu  agar perkara itu tidak disangsikan sesuai dengan Hukum Taurat dalam Ul 19:15 perlunya saksi dalam suatu perkara, tetapi saksi-saksi itu tidak seharusnya berpihak kepada Anda,melainkan harus netral dan tidak terkesan mengeroyok orang yang bersalah. Kalau step kedua ini juga tidak berhasil lalu dibawah ke jemaat. Kerinduan Yesus agar konflik itu terbatas dalam kelompok yang sekecil mungkin. Pelibatan jemaat untuk penyelesaiaan suatu konflik perorangan harus menjadi jalan terakhir. Alkitab tidak menyarankan penyelesaian konflik dikalangan anggota jemaat diselesaikan pada ranah hukum duniawi. Hal itu terjadi di jemaat korintus sebab itu surat Paulus  dengan kata-kata yang keras;”Sungguh memalukan”.(Pelajaran hari kamis)al itu terjadi



 Gagasan bahwa dosa harus dipahami sebagai pelanggaran iman , kerusakan kepercayaan , tidak perduli kepada  hamba-hamba Tuhan ,seperti yang Yesus gambarkan dalam  Yohanes 15:15 . Aku tidak menyebut kamu lagi hamba,sebab hamba itu tidak tahu apa yang “diperbuat oleh tuannya”. Mereka merasa bahwa itu bukanlah urusan mereka untuk memahami apa yang dilakukan oleh tuannya. Tugas mereka adalah untuk melakukan apa yang diperintahkan , dan mematuhi aturan – aturan  terlepas apakah mereka setuju atau tidak .
Orang-orang percaya yang berpikir dan bertindak seperti seorang hamba , cenderung sibuk dengan legal standing mereka terhadap Tuhan dan Tuan mereka , bagaimana cara untuk menyenangkan dirinya, dan bagaimana agar dapat keluar dari kesulitan . Dosa dilihat pada hal-hal yang melanggar  peraturan . Ini adalah pemahaman mereka ,bahwa dengan melakukan pelanggaran itu akan mendatangkan murka Allah dan menempatkan diri mereka dalam masalah hukum yang serius . Kecuali sesuatu yang dilakukan untuk menghapus kesalahan mereka , agar sanksi hukum tidak dikenakan . Pelanggaran terkecil dari aturan ,dapat mengakibatkan  hukuman yang tidak kurang dari eksekusi yang menyakitkan atau penyiksaan seumur hidup.
 Beberapa orang percaya sudah terbiasa dengan keadaan seperti itu , mereka mempertahankanya dengan bersungguh-sungguh , semua atas nama keadilan , karena mereka benar-benar memahami hal itu. Mereka mengakui bahwa dalam pengadilan beradab ,hukum keadilan tidak pernah membenarkan adanya penyiksaan . Namun bagaimana dalam pemerintahan Allah ?

 "
Baik , " kata hamba itu , " siapakah engkau yang mempertanyakan cara-cara ajaib nya ? Sebagai hamba yang baik dan setia , cukup tundukkan kepala dan percaya . Tindakan yang menakutkan seperti  itu adalah hak Allah ,tetapi Allah juga dapat melakukan hal-hal  yang penuh kasih . " Saya mendengar seseorang berkata seperti ini beberapa hari yang lalu. Dia adalah jenis orang percaya yang  memenuhi persyaratan  sebagai " hamba yang baik dan setia . "

 " Tuhan , " ia melanjutkan
penjelasannya , "diperlukan keadilan oleh hukum, dan kekudusan karakter dan pemerintahan sendiri , bukan hanya untuk menghancurkan orang-orang yang menentang kehendak-Nya , tapi yang paling menyakitkan adalah menghukum mereka untuk jangka waktu yang tepat . " Ketika kita bertanya bagaimana Tuhan bisa mempertimbangkan hukuman yang tidak manusiawi dengan hal-hal yang penuh kasih sayang , ia menjawab , " Apakah kamu tidak percaya Alkitab ? Alkitab mengatakan Allah adalah kasih . Artinya meskipun hal itu tidak masuk akal kita,apapun yang Allah lakukan itu berdasarkan kasih sayang . " Itu membuat kita berpikir lagi dengan stiker terkenal ( " Allah berfirman , aku percaya itu ! Itu kekal selama-lamanya ! " ) .

 " Tuhanmu Terlalu " Aku telah mendengar hamba
-hamba-Nya kadang-kadang tidak memiliki rasa keadilan terhadap teman-temannya. Mereka tidak pergi dengan pemahaman mereka tentang Tuhan itu adil dan pentingnya  hukuman. Allah mereka hanya terlalu lemah dan terlalu baik. "Anda memiliki Tuhan marshmallow , " Aku mendengar salah satu hambanya mengatakan. Yang benar justru sebaliknya. Kawan – orang-orang  percaya memiliki keprihatinan besar tentang kebenaran , yang merupakan arti harfiah dari kata Yunani yang sering diterjemahkan "keadilan . " Dalam bahasa Inggris "Keadilan " berasal dari kata Latin dari Yunani. ( Latin " Justitia " ) Seluruh teman-temannya  mengagumi kebenaran Allah dan akan senang untuk menjadi seperti dia . Dan untuk melakukan apa yang benar , Tentu saja , untuk melakukan apa yang adil .
Tapi hamba-hamba-Nya cenderung berpikir bahwa keadilan dalam hal retribusi dan beberapa pemimpin agama di zaman Kristus memahami kesempurnaan berarti mutlak taat, yaitu melakukan persis apa diperintahkan kepada kita. Dan bagaimana mereka belajar untuk taat ! mereka mangalikan aturan dan peraturan , sampai mereka terbebani dengan " beban yang berat dan sulit untuk menanggungnya . " Matius 23:04.

 Yesus mencoba untuk meringankan beban mereka dan untuk mencerahkan wajah suram mereka. Lihat Matius 6:16
-18, tapi mereka menolak segala jenis kesempurnaan-Nya dan mengutuk cara penganugerahan-Nya  sebagai pelanggaran aturan . Ada cara lain untuk melihat kesempurnaan , salah satu yang membawa nilai tertinggi dalam jangkauan kita dan menunjukkan kepada kita bagaimana itu diberikan secara cuma-cuma kepada kita. Ketika seorang berdosa melihat kebenaran dan dimenangkan kembali kepada Allah dalam iman , Allah menerima dia dan meyakinkannya bahwa dia tidak hanya diampuni tetapi juga akan diperlakukan seolah-olah dia sempurna , seolah-olah ia tidak pernah berbuat dosa . Perubahan dari permusuhan menjadi sahabat , dari pemberontak menjadi seorang yang mau mendengarkan, begitulah Yesus berkata kepada Nikodemus   seperti dilahirkan kembali . Lihat Yohanes 3:3 .
 Kapan Anda berpikir bahwa ayah telah memaafkan anak yang terhilang ? Sebelum ia meninggalkan rumah ! Mungkin dia membantunya untuk mengemasi tasnya . Karena dia mencintai anaknya . Cerita ini mengajarkan kita sesuatu, bahwa Allah maha pengampunan dipersonifikasikan . Dia selalu memaafkan . Kita percaya sepeninggalnya  Lucifer dari hadapan Sang Penciptanya, yang akan memeriksa dan akan memberikan  pengampunan, namun iblis tidak menghargai itu . Dia menolaknya . Kebaikan Allah tidak menyebabkan Setan untuk bertobat, Roma 2:4 . atau menuntun  orang lain untuk bertobat . Allah bukan bermuka dua. Dia selalu terlihat pada anak-anak -Nya dengan penuh kasih dan pengampunan , tetapi mereka selalu menolak-Nya.

 Bagaimana menurut Anda ,
bagaimana, anak itu pulang ? Apa yang menyebabkan dia pulang ? Apakah dia tahu bahwa Ayahnya  sangat baik.? Bukan berarti baik , atau dia akan membuat suatu pidato , atau membuat suatu tawaran kesepakatan. Hanya ada satu hal yang benar-benar kita yakini , tentang anak yang terhilang , ia tahu bahwa lebih baik di rumahnya  daripada di kandang babi tersebut . Itu semua ia yakinin , sambil menatap makanan , dan dia berpikir , " Saya ! Para pelayan di rumah ayah mendapat perlakuan yang lebih baik dari pada di kandang babi ini. Saya putuskan untuk pulang. Tapi seperti yang saya tahu ayahku , aku akan berpidato ketika saya sampai didepan pintu, dan aku akan membuat suatu tawaran. "
Apakah ayah membiarkan dia menyelesaikan pidato itu ? Tidak, ia dituntun masuk kedalam , dan ayah nya sangat bergembira menyambut anaknya. Bahkan , ia telah menerewang ke kolong langit ketika anaknya meninggakan dia. ketika ia melihat anaknya , ia memeluknya dan bergegas membawanya masuk dan membersihkannya , dan  kemudian ia mengucapkan syukur,  mulai sekarang ia menempati posisi agak lebih rendah dalam keluarga ? Tidak! Cincin yang diberikan oleh sang ayah berarti ia memiliki kewenangan penuh  dan setara dalam keluarga , dan itu sangat menyinggung kakaknya . kakak cukup legalis , yang berpikir bahwa semakin lama Anda melanyani,maka  semakin tinggi  Anda harus dihargai . Dan sang ayah berkata , " Apakah engkau tidak menikmati selama berada dengan saya? " Saran bahwa hadiah terbesar yang pernah kita miliki adalah bersama-sama dengan Bapa surgawi kita , jika kita benar-benar seperti –Dia
 Jadi kita percaya bahwa umat Allah , dimanapun mereka berada , di seluruh ujung planet ini , di dalam gereja apapun , atau tidak ada gereja , atau di mana pun mereka di alam semesta , gereja Tuhan , orang-orang -Nya yang sejati , mereka adalah orang-orang yang  memiliki kebebasan penuh  untuk  memutuskan kepada siapa yang mereka cintai , yang mereka percaya, dan mereka kagumi  seperti Allah . Dan kemudian ada persatuan di antara mereka, tidak peduli apa yang terjadi . dan persatuan itu  berlangsung selamanya , karena itu tidak dibuat-buat pada awalnya. Itu tidak dipaksa pada waktu awalnya.  Apakah Anda bersedia membiarkan Tuhan menjalankan alam semesta-Nya dengan cara ini ? Nah , satu-satunya cara yang aman adalah jika Dia mengatakan , " Aku menangis selama ini , tapi aku tidak bisa membiarkan salah satu dari Anda masuk dalam golongan yang tidak dapat dipercaya . "

 
Nah , Anda berkata , " Aku sudah diampuni , atau belum? " Apakah pengampunan harus dilakukan dengan cara itu ? Kenapa kita disibukkkan dengan pengampunan?  Kita disibukkan dengan pengampunan jika kita mempunyai pemahaman bila, "Tuhan berkata , 'Anda melanggar aturan saya , keadilan menuntut ,dan saya akan membunuh Anda . Tapi aku akan memberikan kesempatan buat Anda.  Terimahlah ini dan Saya akan memaafkanmu . " " Dan saya berkata , " Tolonglah , aku akan menerimanya . " Dan ampuni aku . Baik . Dia sekarang tidak perlu membunuh saya.
Oh , mungkin bagi anak-anak kecil , tetapi bukan untuk orang dewasa . Anda tidak dapat mengubah kebebasan orang seperti itu , karena alam semesta ini gratis. Konsepsi bahwa Allah dengan segala keasyikan untuk  pengampunan tidak menunjukkan kesiapan sama sekali. Keasyikan kita seharus apa atau kita sebenarnya tidak pasti diselamatkan. Maksudku , kita benar-benar bisa dipercaya? Jadi Daud berkata , " Aku sudah mencoba segalanya sepanjang hidupku . Aku sudah mengorbankan banyak hewan . " Ingat ketika ia membawa kembali tabut perjanjian ? Banyak pengorbanan . Dia mengatakan ,
 " Aku sadar sekarang , aku
telah mengorbankan anakku sendiri , itu tidak ada hubungannya dengan apa yang kulakukan . Sekarang apa yang Anda inginkan adalah kebenaran di dalam batinmu. Tolong beri saya hati yang baru dan semangat yang baru. "

 Sekarang , beberapa orang mengatakan , " Ya, tapi Paulus
sudah diampuni semuanya . Apa yang paling Anda butuhkan adalah pengampunan . " Tidak, saya tidak melihat itu sama sekali! Yang saya lihat Paulus setuju dengan kata-kata Yesus kepada Nikodemus , " Nikodemus , apakah  Anda diampuni ... ? " Tidak! " Kecuali Anda dilahirkan kembali , kamu tidak akan melihat kerajaan  surga. " segala dapat terjadi karena itu. Sekarang, kita berpikir apakah pesan pengampunan merupakan bagian dari wahyu kebenaran tentang Tuhan . Kebenaran tentang pengampunan bahwa Allah adalah pengampunan dipersonifikasikan . Allah tidak mengampuni kita dalam menanggapi pidato panjang untuk  pertobatan dan pengakuan . Sebab itu  mengapa Yesus menceritakan tentang kisah Anak yang ter Hilang . Kapan ayah memaafkan anak yang terhilang ? Apakah saat ia membantunya untuk berkemas sebelum meninggalkan rumah? . Dan penemuan terbesar anak yang hilang adalah , ditengah jalan melalui pidato pertobatannya , bahwa ayahnya sudah lama memaafkannya . pesan pengampunan hanya bagian dari wahyu kebenaran tentang Allah .

 Seorang ayah memiliki anak , ia juga harus menjaga racun tikus di garasi rumahnya . Dan dia berkata "Nak, jangan sentuh racun tikus . Itu perintah . " Dan dia menempatka
nya  di atas rak yang tinggi di garasi . Beberapa saat kemudian ia mendengar kecelakaan di garasi , dan ia bergegas keluar dan anaknya telah berbohong , ia sedang sekarat di lantai garasi ; dia mabuk kena racun tikus . Dan ayah mengatakan "Nak, aku memaafkanmu , aku memaafkanmu . " Dan dia meninggal . Pengampunan tidak membuat Anda mati , apakah itu ? Sekarang jika ayah mengatakan " Jika saya mengetahui Anda makan racun , Aku akan membunuh Anda . " Jadi Anda ke garasi dan dia mabuk karena racun tikus dan dia merasa baik-baik saja . Rasanya seperti " Gatorade " , tidak ada masalah dengan racun tikus , Anda lihat . dan Ayah mengatakan " Anda telah minum racun tikus ? Kau ingat apa yang saya katakan ? Aku akan membunuhmu . " Dan ibu datang berlari-lari  keluar dan mengatakan " Tidak, jangan bunuh Billy; . bunuhlah aku " Ayah mengatakan , "kalau begitu biarkan saya berpikir sejenak . Ya , Ibu . Kau orang yang sangat penting, aku akan membunuhmu sebagai gantinya. " Dan anak menonton ayah membunuh ibunya . Dia mengatakan " Saya terkesan . " Itu lebih buruk dari itu . Ini lebih buruk dari itu .  Jadi ayah mengatakan , " Nak, aku tidak ingin engkau mati. Aku akan meminum racun tikus . " Sekarang apa yang terjadi ? Mereka berdua mati. Itu saja. Anda lihat , itu hanya dalam model hukum yang semacam ini tidak memliki  substitusi efek apapun . Ini dalam hukum ---

Kita tidak bisa melihat orang lain ketika semua
yang bisa kita lihat adalah diri kita sendiri . Kapasitas untuk memiliki kebebasan adalah kemampuan untuk melampaui pengertian kita dan pengalaman emosional untuk membuat penilaian , bahkan terlepas dari cara kita.
 Studi lebih lanjut dengan Ellen White
Setiap orang mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan prinsip-prinsip surga. Memaafkan luka , bukan berarti pembalasan terhadap mereka , tetapi merupakan pameran kearifan dengan kebaikkan yang sejati. Kasih Kristus kepada manusia melalui tempaanTuhan merupakan manifestasi nyata dari transformasi karakter. { SD 153,6 }

Tapi pengampunan memiliki makna yang lebih luas daripada banyak rasa . Ketika Tuhan memberikan janji bahwa Dia " akan melimpahkan pengampunan , " Dia menambahkan , seolah-olah makna janji itu melampaui semua yang tidak bisa kita pahami ," Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu  dan jalanmu bukanlah jalan -Ku, demikianlah firman Tuhan . Seperti tingginya langit dari pada bumi, demikianlah tingginya jalan_ku dari jalanmu, dan rancangan-Ku dari rancanganmu." Yesaya 55:7-9. Pengampunan Tuhan bukanlah peradilan yang bertindak dengan membebaskan kita dari hukuman . Hal ini tidak hanya pengampunan bagi dosa, tetapi reklamasi dari dosa . Ini adalah aliran kasih penebusan yang mengubah hati . Daud memiliki konsepsi sejati pengampunan saat ia berdoa , " Jadikanlah hatiku tahir , ya Allah , dan memperbaharui semangat yang tepat dalam diri ku . " Mazmur 51:10 . Dan sekali lagi ia mengatakan , " Sejauh timur dari barat , demikian dijauhkan-Nya dari pada kita pelanggaran kita. " Mazmur 103:12 . { MB 114.1 }

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...