Syaloom

Selamat datang bagi pengunjung blog ini, terima kasih atas kunjungan anda pada blog ini anda dapat download lagu-lagu rohani khusus quartet (male or ladies) termasuk partitur yang kami telah sediakan.

Blog ini khusus saya buat untuk membantu teman-teman yang mempunyai hobi menyanyi lagu-lagu rohani tetapi pada saat tertentu tidak mempunyai cukup partiture. Dan sesuai dengan judulnya maka blog ini khusus dibuat untuk quartet grup vokal, apakah itu male quartet atau ladies quartet.

Banyak orang didunia ini dan hampir semua orang yang ada di jagad raya ini menyukai musik. Sebab itu saya ingin mengajak semua teman-teman yang ingin partisipasi dalam blog ini saya persilahkan untuk memberi saran dan bahan untuk memajukan grup-grup quartet. Sering kita menyanyikan sebuah lagu dengan baik dan pendengar cuma menyukai harmoninya saja tetapi pekabaran dalam lagu itu sendiri tidak didapat karena pendengar tersebut tidak mengerti bahasa yang dinyanyikan dalam lagu tersebut untuk itu melalui blog ini saya sekali lagi mengajak siapapun untuk urung rembuk agar blog ini disukai dan dapat bermafaat buat kita semua.

Untuk itu saya akan mencoba untuk mentransfer dari partiture aslinya kedalam bahasa Indonesia. Shalom regards,

GBU
E. Nanlohy



TRANSLATORS...

Jumat, 04 Oktober 2013

Ringkasan Pelajaran Sekolah Sabat Pertama Oktober 05,2013




BAIT SUCI SURGAWI

1.Pelajaran minggu ini mengatakan bahwa berbagai tempat bait suci didunia ini "sebagai tempat  mengajar . " Apakah bait suci ini mengajarkan kita tentang karakter Allah ? ( Pendahuluan ) Musa membuat Kemah Pertemuan ataupun Kemah Suci di padang belantara berdasarkan petunjuk dari Allah dan meniru model yang ditunjukkan Allah seperti Kemah Suci di surga dan perabotannya. Tujuannnya adalah untuk memperagakan rencana keselamatan manusia melalui sistim penebusan dosa. Tuhan menggunakannya  sebagai sebuah sarana pengajaran. Bait Suci bangsa Israel beserta upacara-upacaranya menggambarkan kebenaran-kebenaran penting tentang penebusan,tentang tabiat Allah, dan tentang penentuan akhir dari dosa. Bait Suci Surgawi adalah sebuah tempat yang nyata, dan dari padanya kita dapat mempelajari kebenaran-kebanaran mengenai tabiat dan pekerjaan Allah kita. Maka focus pelajaran minggu ini ialah Bait Suci Surgawi serta apa yang sedang Allah lakukan di sana bagi kita. Oleh karena, apa yang Ia sedang lakukan di Bait Suci itu sesungguhnya adalah untuk kita.

 2 . Menurut El
len G White, " Subyek kudus adalah kunci yang membuka misteri isappointment 1844 ? " Bagaimana melakukannya ? Dia juga mengatakan bahwa " banyak kebenaran penting " yang diajarkan di sana ? Apa sajakah kebenaran ini dan apa pentingnya bagi meereka ? ( Pendahuluan )

 3 . Menurut pelajaran ini, pesan kudus " doktrin Advent yang unik " . Apa yang unik dari doktrin itu ? ( Pendahuluan )

 4 . Baca 1 Raja-raja 08:49 dan Mazmur 102:19 . Bagaimana Allah lebih
berada di surga daripada di tempat lainnya ? Apa perbedaan antara "kehadiran umum" Allah dan " Kehadiran khusus-Nya? " ( Pelajaran hari Minggu ) Tiga kodrat Allah adalah maha kuasa (omnipotent), maha mengetahui (omniscient), dan hadir di mana-mana (omnipresent). Kodrat yang ketiga, yaitu kahadiran Allah di segala tempat pada waktu yang bersamaan,dapat terjadi sekalipun Allah itu esa (Ul 6:4; 1Tim 2:5) Sebahagian orang memahami kodrat Allah yang bisa berada dimana-mana itu dengan mengaitkan pernyataan kitabsuci bahwa “Allah itu Roh” (Yoh4:24). Tetapi jangan lupa bahwa Allah memiliki sosok fisik dari mana Adam memperoleh bentuk lahiriahnya (kej 1:26), bahkan Allah mempunyai wajah,kaki dan tangan (kel 33:20-23), memiliki mata untuk melihat (Maz 11.:4) dan telinga untuk mendengar (Yes 59:2) Melengkapi sifat Allah yang hadir di mana-mana itu adalah keberadaan-Nya yang abadi, Allah adalah Alfa dan Omega (Maz 90:2).Dia sudah ada selamanya dan akan selamanya ada (Yud 1:25).

Sekalipun Allah bertahta dan bertempat tinggal di surga, yaitu sebuah tempat yang terletak dilangit yang ketiga, kehadirannya juga ada dimana saja diseluruh alam semesta. Seperti pernyataan-Nya sendiri “ Masakan Aku ini hanya Allah yang dari dekat, demikianlah firman Tuhan ,dan bukan Allah yang dari jauh juga? Sekiranya ada seorang menyembunyikan diri dalam tempat persembunyian,masakan Aku tidak melihat dia? Demikianlah firman Tuhan. Tidakkah Aku memenuhi langit dan bumi? Demikianlah firman Tuhan (Yer 23:23-24) Seperti kata Solomo, Mata Tuhan ada disegala tempat, mengawasi orang jahat dan orang baik. (Ams 15:3). Jadi kita mengetahui bahwa surga merupakan tempat kediaman Allah yang resmi, tetapi sebagai pemilik dan penguasa alam semesta Allah dapat berada dimana saja di senatero jagad raya ini. Perbedaan antara hadirat umum Allah dengan hadirat khusus-Nya ialah Allah hadir di mana-mana, namun ia memilih untuk menyatakan dirinya dalam suatu cara yang istimewa di surga  dan, kita akan melihat dalam Bait Suci Surgawi.

 5 . Pelajaran
ini menanyakan , " Mengapa begitu penting bagi kita untuk belajar mempercayai apa yang tidak kita mengerti? " Apa hubungan pemahaman ini agar kita percaya ? Bisakah kita percaya tanpa kita mengerti ? Berapa banyak kita dapat memahami tanpa mempercayai ? ( Pelajaran hari Minggu ) Allah bersemayan di surga, tetapi hadiratnya ada di mana saja di seluruh alam semesta. Kamahatahuan dan kemahakuasaan Allah memungkinkan segala sesuatu dapat dilakukan-Nya, Sebaliknya kebodohan dan keterbatasan manusia tidak dapat memahami kodrat Allah. Surga sebagai tempat kediaman dan tahta Allah merupakan juga pusat pemerintahan alam semesta. Dari surga Allah mengamat-amati manusia di bumi ini dan menghakimi mereka, dari surga pula Allah mengendalikan seluruh peredaran benda-benda angkasa, Dalam kepintaran manusia bisa mengamati luar angkasa, tetapi tidak bisa memahami pemikiran Allah.


 6 . Baca Mazmur 89:14 dan 97:2 . Apa yang
diajarkan ayat-ayat ini tentang karakter Allah dan bagaimana aturan-Nya ? Bagaimana kita bisa lebih mewujudkan kebaikan , kebenaran dan keadilan di dunia yang penuh dengan kebejatan , kejahatan dan ketidakadilan ? ( Pelajaran Senin ) Kekuasaan adalah dasar dari pemerintahan, tanpa kekuasaan tak ada yang dapat memerintah. Tahta identik dengan kekuasaan dan kedaulatan. Allah adalah Raja seluruh bumi  sehingga semua manusia wajib memuji Dia (Maz 47:6-9), yang memiliki kemegahan dan kekuatan abadi (Maz 93:1-2), bertahta disurga dan berkuasa atas segala sesuatu (Maz 103:19) berarti kekuasaan-Nya bersifat mutlak dan menyeluruh. Tidak ada bagian apapun di alam ini yang tidak termasuk dalam genggaman kekuasaan-Nya, termasuk kekuasaan atas ruang dan waktu.Allah sebagai pencipta , dan sebagai pencipta maka Allah memiliki kekuasaan atas segala ciptaan-Nya, tanpa harus bergelar Raja.  Jadi kekuasaan Allah berdasarkan kepemilikan –Nya melalui penciptaan, sehingga pemerintahan Allah tidak mengenal kepemilikan pribadi dalam hal apapun diluar diri-Nya.  Allah menjalankan pemerintahan-Nya berazaskan “kebenaran dan Keadilan”.

 7 . Bacalah Wahyu 4 dan 5 . Gambar
an yang terkait dengan tempat kudus Apa yang Anda temukan dalam bagian ini? Apakah gambaran-gambaran ini memberitahu kita tentang tempat tinggal surgawi Allah kita? ( Pelajaran hari Selasa ) Pasal 4 dan pasal 5 dari kitab Wahyu merupakan bagian ketiga dari kitab Wahyu. Dimana mentuturkan tentang Tahta di Surga (pasal 4), Tujuh Gulungan Kitab Bermeterai (5:1-5), dan Anak Domba yang tersembelih (5:6-14). Sesuai keterangan Yohanes Pewahyu, penulis,penglihatan yang disaksikan ini menyingkapkan tentang peristiwa-peristiwa yang akan terjadi nanti. Penglihatan ini mirip yang dialami oleh Yesaya (Yes 6:1-8) dan nabi Jehezkiel (Yeh 1:26-28) ketika menyaksikan pemandangan tahta Allah di surga. Yaitu tentang ruang tahta di surga adalah sebuah penglihatan tentang Biat Suci surgawi. Suasana di sekitar tahta Allah adalah suasana penyembahan. Meyembah Allah adalah tema utama dari peribadatan di dunia maupun di surga.
 
 8 . Baca Wahyu 5:
5-6 . Bagaimana dan apa yang diatasi dengan salib Kristus  ? Bagaimana salib menjadikan Yesus " layak ? " ( Pelajaran hari Selasa ) Tokoh sentral dari kitab Wahyu adalah Yesus Kristus. (Anak Domba) yang merujuk kepada upacara pokok Bait Suci dalam peribadatan bangsa Israel purba, sejak di tengah perjalanan di padang gurun sampai setelah bermukim di tanah perjanjian Kanaan, yaitu upacara mengorbankan seekor anak domba yang tidak bercacat sebagai ritual yang melambangkan kematian Anak Allah yang dijadikan kurban Penebus dosa manusia. Akhirnya Anak Domba di sembelih dalam Wahyu 5 tentu saja mengacu kepada kematian pengobanan Kristus,Kristus, Anak Domba itu satu-satunya pengantara dari keselamatan ilahi dan dianggap layak oleh karena kemenangan-Nya (Wah5:5), pengorbanan-Nya (Wah 5:9,12) dan keilahian-Nya (Wah 5:13) Apa yang kita lihat dalam dua pasal ini,yang ber pusat di sekitar tahta Allah, adalah suatu gambaran dari pekerjaan Allah bagi keselamatan umat manusia.


 9 . Pelajaran di sini mengatakan bahwa " Kristus telah mati sebagai pengganti kita ? " Apa yang Anda
ketahui dengan hal ini? Apakah Anda mempunyai frase yang berbeda ? ( Pelajaran hari Selasa ) Allah tidak menyayangkan Putra-Nya sendiri, tetapi menyerahkan Dia kepada kematian karena pemberontakan kita dan meninggikan Dia kembali demi pembenaran kita. Melalui Kristus kita bisa menyampaikan permohonan-permohonan kita di tahta kasih karunia. Melalui Dia, seperti kita yang tidak layak, kita bisa memperoleh semua berkat rohani. Apakah kita datang kepada-Nya , supaya kita boleh memiliki hidup?( Testimonies for the Chuch 5:221)

 10 . Dalam Perjanjian Lama Allah sering digambarkan sebagai seorang hakim . Apa
kah ini menceritakan kepada kita tentang Tuhan ? ( Pelajaran Rabu ) Alkitab menceritakan kepada kita bahwa Allah memiliki berbagai kapasitas dalam berurusan dengan manusia, salah satunya adalah sebagai hakim yang adil (Maz 7:12; 9:5; 2Tim 4:8). Diseluruh alkitab ada 76 ayat yang menyebutkan Allah adalah hakim. Sebagai hakim Allah akan mengadili baik orang yang benar maupun yang tidak adil, karena untuk segala hal dan segala pekerjaan ada waktunya (Phk 3:17) dan dia juga akan menghakimi orang yang hidup dan yang mati (2Tim 4:1).

Bilamana Allah menghakimi ruang tahta berubah menjadi ruang pengadilan, dan tahta surgawi menjadi kursi pengadilan. Ia yang bertahta itu adalah Dia yang menghakimi (lihat Maz 9:4-8) sebuah konsep yang dikenal di Tumur Dekat pada zaman purba dimana raj-raja sering berfungsi sebagai para hakim. Perpaduan klasik dari ruang tahta dan pengadilan muncul dalam Daniel 7:9-14 yaitu untuk membenarkan orang saleh dan vonis hukuman bagi musuh-musuh Allah. Karena hukuman terhadap perbuatan jahat tidak segera dilaksanakan ,maka hati manusia penuh niat untuk berbuat jahat (Pkh 8:11). Tanggap Allah “Apabila Aku menetapkan waktunya,Aku sendiri akan menghakimi dengan kebenaran (Mzm 75:3) Allah bekerja dalam jadwalnya sendiri.

 11 . Baca Wahyu 01:12 - 20 , 08:02 - 6 , 11:19 dan 15:05 - 8 . Apa
kah citra kudus muncul dalam bagian ini ? Apa ini perkembangan adegan kudus yang  memberitahukan kepada kita tentang surgawi yang kudus ? ( Pelajaran hari Kamis ) Posisi Yesus di “sebelah kanan Allah adalah posisi pendelegasian otoritas,atau posisi pelaksana kewenangan. Posisi ini diperoleh Yesus setelah seluruh Kuasa dan Kekuatan ditaklukkan kepada-Nya (1 Ptr 3:22) dan segala sesuatu telah di tahlukkan-Nya di bawah kaki-Nya ( 1 Kor 15:17). Kristus bukan hanya berbagi kekuasaan dengan Allah ,melainkan sebagai Pembela bagi kita (Rm 8:34). Peran pembela hanya dapat dilakukan oleh Yesus sendiri sebab Dia yang sudah mati di kayu salib sebagai kurban penebus dosa manusia. Yesus juga sebagai Imam besar (Ibr 9:24).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...