“PERSATUAN PENGIKAT KEBANGUNAN"
Bacaan Alkitab : Yoh 17:9-11, 20-24; 1 Kor.12 :12-18; Kis 4:32, 33, 01:08, 15:1-31; Mat. 18:16-20.
Bacaan Alkitab : Yoh 17:9-11, 20-24; 1 Kor.12 :12-18; Kis 4:32, 33, 01:08, 15:1-31; Mat. 18:16-20.
Ayat
Hapalan: Sebab itu aku menasehatkan kamu,aku, orang yang dipenjarakan karena
Tuhan, supaya kehidupanmu sebagai orang-orang yang telah dipanggil berpadanan
dengan panggilan itu.Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan
sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu. Dan berusahalah
memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera."(Efesus 4:1-3.)
DIMANA
TIDAK ADA PERSATUAN TIDAK AKAN ADA KEBANGUNAN
Bila
Anda bersalah : Seberapa sulit bagi Anda untuk meminta maaf? Mengatakan “aku menyesal” amat mudah bagi Anda atau Anda
sedikit enggan untuk meminta maaf?
I. Pengantar
II. Menjawab Doa Kristus untuk Persatuan
III. Ilustrasi Perjanjian Baru Tentang Persatuan
IV.Unsur-Unsur Persatuan: Misi dan Pekabaran Kita
V.Organisasi Gereja : Struktur Persatuan
VI. Mencapai Persatuan
VII. Studi lebih lanjut
1. "Persatuan adalah unsur penting dari kebangunan. Konflik, perpecahan, dan perselisihan tidak menciptakan suatu lingkungan untuk memelihara kebangunan. "(pelajaran Sabat sore) Seperti kesatuan, konflik, dan perpecahan yang bagaimana yang kita bicarakan? Dapatkah kita membicarakan tentang persatuan malah menjadi bentuk pemerasan yaitu memaksakan kehendak agar semua orang menyetujui pendapat yang sama seperti yang kita kehendaki?
II. Menjawab Doa Kristus untuk Persatuan
III. Ilustrasi Perjanjian Baru Tentang Persatuan
IV.Unsur-Unsur Persatuan: Misi dan Pekabaran Kita
V.Organisasi Gereja : Struktur Persatuan
VI. Mencapai Persatuan
VII. Studi lebih lanjut
1. "Persatuan adalah unsur penting dari kebangunan. Konflik, perpecahan, dan perselisihan tidak menciptakan suatu lingkungan untuk memelihara kebangunan. "(pelajaran Sabat sore) Seperti kesatuan, konflik, dan perpecahan yang bagaimana yang kita bicarakan? Dapatkah kita membicarakan tentang persatuan malah menjadi bentuk pemerasan yaitu memaksakan kehendak agar semua orang menyetujui pendapat yang sama seperti yang kita kehendaki?
2. "Yohanes 17 berisi doa
pengantaraan Yesus yang luar biasa dan apa pentingnya
bagi gereja kita? Ungkapan yang mengungkapkan apa yang ada di dalam pikiran
Yesus pada saat yang penting bagi sejarah dunia.Apakah keinginan Yesus untuk persatuan gereja pada abad pertama
mengungkapkan tentang keinginan-Nya untuk gereja kita pada hari ini ?"(Pelajaran Minggu) Apakah perhatian Doa Yesus dalam
Yohanes 17 itu
ditujukan kepada semua anggota Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh? Jika Yesus peduli dalam Yohanes
10:16 dengan semua domba-Nya, tidak seharusnya kita menjadi "Lebih besar" dari lainnya?
Yesus ingin kita menerima berkat-berkat dari persatuan sama seperti yang Dia
terima dari ikatan Tritunggal yang Ia nikmati. Persatuan dalam gereja adalah
kesaksian terbaik bagi dunia. Ada sesuatu tentang persatuan diantara umat
percaya yaitu mengungkapkan kemuliaan Yesus. Sebuah gereja disfungsional tidak berguna bagi misi kita, itu adalah aib
bagi Allah.Ini adalah satu-satunya cara bagaimana kita bersama Kristus nanti.
3. Bagaimana gambaran tubuh (1 Korintus 12:12-18) dan bangunan (1 Pet
2:4, 5.) membantu menggambarkan suatu kesatuan yang perlu diperlihatkan dalam suatu komunitas gereja? Kenapa kadang-kadang ada perpecahan di dalam gereja? Beberapa
orang tidak suka posisi mereka, banyak tangan yang lebih suka menjadi bibir. Bahkan
saat ini, beberapa orang Yahudi tidak menerima orang Yunani, dan beberapa budak
membenci orang-orang bebas.Beberapa kaki mereka, mempunyai citra diri rendah jadi
mereka merasa bahwa mereka tidak termasuk.Beberapa mata , jadi mereka
berpikir jadi setiap bagian yang lain
harus menjadi mata juga.Iblis adalah daging yang suka melakukan amputasi.
4. "Sekarang, di hari-hari terakhir
sejarah bumi, Allah juga telah memberikan kepada umatNya suatu
desakan, pekabaran masa kini (Wahyu 14:6-12). Itu adalah pekabaran “
Injil yang Kekal "dalam konteks penghakiman, penurutan, dan Tuhan
akan datang kembali. Inilah yang menyatukan orang-orang
Advent sebagai satu keluarga di seluruh dunia. Jika pesan ini disepelekan,
diberikan tempat nomor dua , atau diperlakukan sebagai peninggalan masa lalu,
persatuan gereja akan retak, dan misi gereja akan kehilangan urgensinya. Jika
misi gereja disalahmengerti atau
diselewengkan,misinya akan menjadi kabur. Ini adalah proklamasi
pekabaran
nubuatan dari Tiga Malaikat yang memberikan alas an kepada
orang untuk keberadaan kita. "(Pelajaran hari
Selasa) Apakah doktrin atau gambar karakter Allah kita perlu diajarkan? Dapatkah Anda menghotbahkan doktrin ortodoks dengan
gambar kekejian Allah? Apa hubungan nya antara pesan dan persatuan?
5. Tidak perlu diragukan lagi bahwa struktur Gereja dapat menjadi faktor yang berkontribusi terhadap
persatuan (lihat Rabu pelajaran). Tetapi struktur Gereja juga bisa menindas. Bagaimana kita memastikan
bahwa struktur gereja cukup fleksibel, dalam misi pelayanan dan tidak sebaliknya? Struktur kepemimpinan yang kuat dibutuhkan untuk kesatuan atau persatuan di dalam gereja. Selalu ada perpecahan didalam gereja , tetapi Tuhan bekerja melalui kita pula.Sebagai gereja bergerak maju,akan ada perbedaan pendapat, namun focus kita terhadap misi akhirnya akan mempersatukan kita. Sangat penting untuk mencari bimbingan Roh Kudus, (ayat 28) untuk semua keputusan kita.Kita perlu menangani perselisihan dengan cepat,dan tegas sebelum ia mempunyai kesempatan untuk tumbuh.
bahwa struktur gereja cukup fleksibel, dalam misi pelayanan dan tidak sebaliknya? Struktur kepemimpinan yang kuat dibutuhkan untuk kesatuan atau persatuan di dalam gereja. Selalu ada perpecahan didalam gereja , tetapi Tuhan bekerja melalui kita pula.Sebagai gereja bergerak maju,akan ada perbedaan pendapat, namun focus kita terhadap misi akhirnya akan mempersatukan kita. Sangat penting untuk mencari bimbingan Roh Kudus, (ayat 28) untuk semua keputusan kita.Kita perlu menangani perselisihan dengan cepat,dan tegas sebelum ia mempunyai kesempatan untuk tumbuh.
6. "Semakin dekat kita datang
kepada Yesus, semakin dekat kita satu
sama lain. Kita melihatnya dengan mata rohani
yang baru. Roh Kristus memampukan kita untuk melihat satu sama lain
berbeda.Hal-hal kecil yang dulu pernah mengganggu kita dibingkai
kembali oleh kasih karunia Kristus .Permusuhan yang dimanjakan dilepaskan dalam
terang kasih karunia yang megah.Dendam lama dan perselisihan, sebisa mungkin
disisihkan.Penghalang-penghalang diruntuhkan.Injil menyembuhkan hubungan yang
hancur. Ketika Roh Kudus dicurahkan dalam kepenuhannya
pada hari Pantekosta, sikap-sikap para murid terhadap satu dengan lainnya
secara dramatis berubah.Dalam terang yang memancar dari kayu salib, mereka
melihat satu dengan lainnya berbeda." (Pelajaran hari Kamis)
7. Apakah ini gambaran realistis atau
romantis dari gereja-gereja Perjanjian Baru? Bagaimana cara kerja fungsi tersebut pada tingkat keluarga atau tingkat korporat gereja? Dan jika
"berdoa bersama-sama , belajar Firman Allah bersama-sama , dan melakukan penginjilan bersama-sama " tidak secara otomatis mencapai persatuan seperti ini, apa [ada yang lain
lagi] yang dibutuhkan?
8. Ketika pelayanan
Yesus akan
berakhir, dia mengumpulkan murid-muridnya untuk sekali lagi
makan terakhir bersama-sama. Meskipun Yesus bersekutu erat dengan Bapa-Nya, ia ingin berdoa bersama-sama terakhir dengan murid-murid-Nya. Jadi dia berdoa dan terdengar oleh
mereka yang hadir disitu. Yesus mengajukan permohonan kepada
Bapa untuk melindungi murid-muridnya.
Namun, permintaan untuk perlindungan itu tidak menyelamatkan mereka dari
bahaya, atau
bahkan penganiayaan sekalipun. Tujuannya adalah untuk memampukan mereka untuk mencapai suatu kesatuan
diantara mereka sendiri yang sama berlaku kesatuan antara Bapa dan Anak dalam Trinitas. Jadi Yesus berdoa, "Bapa Suci, lindungi mereka. . .
sehingga mereka dapat menjadi satu seperti kita satu. "(Yohanes
17:11) Kesatuan, Yesus berdoa bukan
untuk persatuan biasa.Tetapi suatu persatuan yang dimodelkan oleh hubungan dari Trinitas.
9. Selama abad ke-16
Reformasi Protestan, karena adanya pengakuan atas kebebasan penyelidikan
dan hak atas interpretasi pribadi, orang-orang percaya dibebaskan dari
penindasan yang
menghancurkan lembaga gereja pada abad pertengahan. Tapi penekanan pada akuntabilitas individu kepada Allah,
dikombinasikan dengan pendewaan pada abad ke-18 , sebagai alasan
hakim agung kebenaran berkontribusi fragmentasi dari
gereja sehingga
terjadi banyak kelompok sempalan, seolah-olah setiap individu
adalah gereja bagi diri sendiri. Karena penolakan untuk pola
itu sendiri pada model kesatuan yang disediakan oleh Trinity, gereja sekarang menjadi bimbang antara ekstrim duniawi
institusionalisme di satu sisi menindas
individualisme radikal di sisi yang lain, baik besar totalitarianisme atau fragmentasi.
10. Gereja memiliki kesempatan
untuk model danmenyediakan masyarakat atas nama Allah untuk
dunia yang kehilangan kerinduan untuk itu. Sebagai pengganti sebuah gereja yang sesuai dengan anti - pola masyarakat dunia, dunia bisa ditantang dan diubah oleh pembaharuan Allah --- seperti komunitas. Setiap kali gereja tidak efektif dan kesaksian tidak produktif, pertanyaan pertama yang diajukan adalah apakah fungsi gereja sebagai komunitas otentik dan apakah ia keluar dari realitas kesatuan. Dalam sebuah komunitas - dunia kelaparan, cara yang paling ampuh bersaksi tentang kebenaran Injil adalah kekuatan magnetik dari persatuan yang ditawarkan oleh Kristus untuk komunitas barunya.
dunia yang kehilangan kerinduan untuk itu. Sebagai pengganti sebuah gereja yang sesuai dengan anti - pola masyarakat dunia, dunia bisa ditantang dan diubah oleh pembaharuan Allah --- seperti komunitas. Setiap kali gereja tidak efektif dan kesaksian tidak produktif, pertanyaan pertama yang diajukan adalah apakah fungsi gereja sebagai komunitas otentik dan apakah ia keluar dari realitas kesatuan. Dalam sebuah komunitas - dunia kelaparan, cara yang paling ampuh bersaksi tentang kebenaran Injil adalah kekuatan magnetik dari persatuan yang ditawarkan oleh Kristus untuk komunitas barunya.
Menurut
Matius 18:16-20, surga benar-benar terikat oleh keputusan yang kita buat di
bumi? Jika
kita selaras dengan Tuhan, surga sudah akan berada dalam perjanjian dengan kita sebelum kita membuat keputusan. Persatuan
sangat penting bagi Allah bahwa surga akan menerima tindakan kita jika mereka
menyatukan kita. Tidak
dalam semua kasus-kesatuan dengan mengorbankan prinsip Alkitab adalah
kemurtadan. Hal
ini menunjukkan bahwa kita bekerja terbaik sebagai tubuh, dan Kristus adalah
kepala tubuh ini. Jika
dua atau tiga orang setuju pada masalah di bumi, itu adalah keajaiban!
Dalam Wahyu 12 kita memiliki penyebutan perang di surga, penjelasan tentang kedua belah pihak dan permasalahannya dan para pemimpin dari kedua belah pihak. Dan seterusnya untuk memberitakan Injil kekal di hari penghakiman Allah,injil disajikan dalam setting perang, ini perang besar yang dimulai di surga , Keunikan Advent terletak dalam menyajikan kebenaran tentang Allah dan semua doktrin kita dalam setting kontroversi besar.Hari Sabat, Sanctuary atau keadaan orang mati, semuanya penting.
Dalam Wahyu 12 kita memiliki penyebutan perang di surga, penjelasan tentang kedua belah pihak dan permasalahannya dan para pemimpin dari kedua belah pihak. Dan seterusnya untuk memberitakan Injil kekal di hari penghakiman Allah,injil disajikan dalam setting perang, ini perang besar yang dimulai di surga , Keunikan Advent terletak dalam menyajikan kebenaran tentang Allah dan semua doktrin kita dalam setting kontroversi besar.Hari Sabat, Sanctuary atau keadaan orang mati, semuanya penting.
Tapi setiap doktrin penting karena ada hubungannya dengan masalah kontroversi besar. Allah bisa
dipercaya? Iblis berkata Dia tidak bisa dipercaya. Mari kita baca dari Commentary, karena ini merupakan cita-cita yang sangat tinggi, dan ini adalah waktu di mana kita berada, dalam hubungan kita satu sama lain, dan dengan orang-orang yang menjengkelkan kita sepanjang waktu? Perasaan dendam cropping up, ini merupakan suatu ketulusan dan Iman kita benar-benar diuji:
"Janganlah mengatasi kejahatan,
namun mengalahkan kejahatan dengan kebaikan." "Timbulnya dendam menandakan
bukannya suatu kekuatan, melainkan kelemahan. Orang yang cepat marah menimbulkan emosi yang tak terkendali dan prinsip
kekeristenannya yaitu cinta dan pengendalian diri ditinggalkannya dan akhirnya
menderita kekalahan. Tetapi orang yang menekan keinginannya
untuk membalas
dendam atas kejahatan yang dilakukan kepadanya akan mendapat peluang untuk menunjukkan kebaikan akan memperoleh kemenangan atas dirinya sendiri dan atas kuasa kejahatan. {Nichol, F.
D. (1978). Bible
Commentary Masehi Advent Hari Ketujuh : The Holy Bible dengan komentar
eksegetis dan ekspositori.
Commentary Seri Referensi (Ro 12:21).Washington,
DC: Review and Herald Publishing Association} *.
Bukankah Anda punya pengalaman seperti itu kadang-kadang? Tapi ketika Anda telah berhasil
melakukan hal ini, jangan Anda merasa Anda baik? Tetapi pikirkan hal itu baik-baik dan dilain kesempatan seperti itu kita akan merasa senang dengan diri kita sendiri, karena menyadari bagaimana itu dimampukan, tetapi tidak harus bersukacita karena sedikit kemajuan yang telah kita buat. Ellen G White mengatakan bahwa kita harus menengok kembali setahun sebelumnya dan jika tidak ada kemajuan yang telah kita buat kita harus peduli. Itu berarti jika kita melihat hanya sedikit kemajuan yang Anda capai berarti hanya sedikit kepuasan terhadap diri Anda sendiri?
melakukan hal ini, jangan Anda merasa Anda baik? Tetapi pikirkan hal itu baik-baik dan dilain kesempatan seperti itu kita akan merasa senang dengan diri kita sendiri, karena menyadari bagaimana itu dimampukan, tetapi tidak harus bersukacita karena sedikit kemajuan yang telah kita buat. Ellen G White mengatakan bahwa kita harus menengok kembali setahun sebelumnya dan jika tidak ada kemajuan yang telah kita buat kita harus peduli. Itu berarti jika kita melihat hanya sedikit kemajuan yang Anda capai berarti hanya sedikit kepuasan terhadap diri Anda sendiri?
Namun, hal ini jangan menghasilkan
arogansi karena jika Anda merasakan arogansi itu suatu kekalahan. Jadi itu hanya perasaan senang karena beberapa kualitas ini tampaknya akan
tumbuh. Sekarang, "Ini bukan hanya kemuliaan dalam diri
sendiri tetapi akan jauh lebih efektif. Mungkin melucuti musuh
(Lih Amsal 15:01) * dan memenangkan jiwa lainnya.
(Lih Amsal 15:01) * dan memenangkan jiwa lainnya.
Jadi Allah tidak akan menerima para pendosa yang pendendam, melainkan mereka yang telah
dipenuhi dengan cinta dan rahmat. Dan itu adalah kemurahan,kelapangan
hati, serta kesabarannya yang membawa manusia
kepada pertobatan (Roma 2:4). Orang Kristen yang sedang berubah menjadi
citra Allah "[seperti dalam ayat 2,]"Di tunjukkannya
dengan
perlakuannya terhadap musuh-musuhnya pada karakternya menjadi lebih dan lebih
seperti karakter Allah, yang adalah kasih. "(1
Yohanes 4:8) {Nichol,
F. D. (1978). The Seventh-‐day Adventist Bible Commentary: The Holy Bible with exegetical and
expository comment. Commentary Reference Series
(Ro 12:21). Washington, D.C.: Review and Herald Publishing Association.}*
Dan itulah intinya, Anda lihat,
bahwa itu adalah aturan
hukum untuk menjadi seperti orang yang kita sembah dan kagumi. Dan
nomor satu dari
peribadatan adalah saling percaya, percaya kepada Allah, dan untuk menunjukkan kepercayaan
itu atas kekaguman dengan cara-cara yang bijaksana dan ramah yang benar-benar merupakan tindakan ibadah yang bisa kita lakukan. Dan ketika kita melakukan ibadah itu, dalam mempercayai-Nya, dan menunjukkan bahwa kita percaya,
oleh kekaguman kita, dan cara kita memperlakukan satu sama lain,
yang menghasilkan hasil yang kita inginkan.
Penyembuhan dan kesempurnaan adalah buah dari
iman. Kami tidak hanya dibenarkan karena iman, kita dikuduskan oleh iman.
Semuanya datang dengan iman. Setiap hal yang baik Anda dapat beri nama, itu adalah hasil dari mempercayai Tuhan. Dan itulah mengapa saya
percaya pesan agung
kita kepada dunia adalah pesan kepercayaan pada Tuhan. Sekarang ada penekanan besar pada rincian pembenaran dan penyucian. Yah,
kita tidak bisa tahu terlalu banyak tentang hal ini, tetapi orang bisa berbicara tentang hal-hal ini dengan mengesampingkan sumber pesan, yang merupakan kepercayaan dari Allah. Pesan kami adalah tentang
Dia.
Jika kita bisa membuat orang percaya kepada-Nya mereka akan dibenarkan, dikuduskan,
dan semua hal-hal baik lainnya, apakah mereka tahu kata-kata atau memahami
cara kerjanya atau tidak. Kemudian akan terlihat bahwa penekanan
besar kami adalah kepercayaan pada Tuhan, dan Anda tidak percaya seseorang yang Anda tidak
tahu, jadi kabar baiknya adalah kebenaran tentang Allah, bahwa orang
mungkin akan menyebabkan percaya kepada-Nya. Dan kita semua bisa bersatu.
Saya telah melihat orang berpendapat hampir ke titik gairah atas
makna pembenaran.
Tapi bagaimana kita bisa berdebat tentang kebaikan Allah? Tentunya kita bisa memiliki kesatuan yang melekat dalam
kepercayaan kita dan pengetahuan kita tentang Anak Allah. Saya percaya bahwa gereja kita memiliki kuasa dan persatuan jika kita berkonsentrasi pada gambaran Allah
dan kabar baik tentang Dia, dan bukan melakukan beberapa hal-hal lain, yang kadang-kadang bahkan memecah belah.
Jadi, Paulus dalam seluruh suratnya telah
membuatnya jelas, apa yang Allah inginkan sebagian besar adalah kepercayaan
kita, dan sesungguhnya Dia telah memberikan bukti-bukti dari
kepercayaan-Nya. Waktu berikutnya di bab 13 sikap kita terhadap
pemerintah, dan kemudian 14 ajaran yang luar biasa tentang makan apa pun
yang Anda suka, itu akan muncul. Tapi menempatkannya dalam pengaturannya,
dan itu akan konsisten dengan ini yaitu Pesan kepercayaan.
Studi lebih lanjut dengan Ellen White
Kita hidup di tengah-tengah "epidemi kejahatan," di mana perhatian, Allah - pria takut di mana-mana berdiri terperanjat. Korupsi lebih sering terjadi, itu berada di luar kekuasaan manusia untuk menggambarkannya. Setiap hari ada berita baru tentang perselisihan politik, penyuapan, dan penipuan. Setiap hari membawa hatinya - rekor memuakkan kekerasan dan pelanggaran hukum, ketidakpedulian penderitaan manusia , kebrutalan, pengrusakan kehidupan manusia. Setiap hari menyaksikan peningkatan kegilaan, pembunuhan, dan bunuh diri. Siapa yang bisa meragukan bahwa lembaga setan sedang bekerja di antara manusia dengan meningkatnya kegiatan untuk mengalihkan perhatian dan merusak pikiran, dan menajiskan dan menghancurkan tubuh? {MH 142.4}
Dan sementara dunia dipenuhi dengan kejahatan-kejahatan , Injil
sering
kali disajikan dengan sangat
tidak perduli sedemikian rupa untuk membuat
kesan sedikit pada hati nurani atau kehidupan manusia. Di mana-mana ada hati yang berteriak untuk sesuatu yang tidak
mereka punyai. Mereka lama mendapatkan kekuatan agar
mereka dapat penguasaan atas dosa, kekuatan yang akan membebaskan mereka dari belenggu kejahatan, kekuatan yang akan memberikan kesehatan dan hidup dan damai sejahtera. Banyak yang dahulu
mengetahui kekuatan firman Allah telah menetap di mana tidak ada pengakuan Allah, dan mereka merindukan
hadirat ilahi. {MH 143.1}
Yang dibutuhkan Dunia hari ini adalah apa yang dibutuhkan seribu sembilan ratus tahun yang lalu-yaitu wahyu Kristus. Sebuah karya reformasi besar yang diminta, dan hanya melalui kasih karunia Kristus pekerjaan restorasi, fisik, mental, dan spiritual, dapat dicapai. {MH 143,2}
Metode Kristus saja yang kan memberikan
kesuksesan sejati dalam menjangkau orang-orang. Juruselamat berbaur denganmanusia sebagai salah satu yang menginginkan kebaikan mereka. Dia menunjukkan
simpati-Nya bagi mereka, melayani kebutuhan mereka , dan memenangkan kepercayaan mereka. Kemudian Ia menyuruh mereka, "Follow Me." {MH 143,3}
Ada kebutuhan mendekati masyarakat
secara pribadi. Jika
diberikan
waktu sedikit untuk Berkhotbah, dan lebih banyak waktu yang dihabiskan dalam pelayanan
pribadi, hasilnya
akan lebih besar terlihat. Masyarakat miskin harus merasa lega, orang sakit dirawat, yang sedih dan
berduka dihibur, yang bodoh diajarkan, yang berpengalaman menasihati. Kita
menangis dengan mereka yang menangis, bersukacita dengan mereka yang
bersukacita. Didampingi oleh kekuatan persuasi, kuasa doa, kekuatan kasih
Allah, pekerjaan ini tidak akan, tidak bisa, tanpa buah. {MH 143.4}
Kita harus selalu ingat bahwa tujuan dari pekerjaan misionaris medis menunjukkan dosa - laki-laki yang sakit dan perempuan untuk Manusia di Kalvari, yang menghapus dosa dunia. Dengan
memandangNya , mereka akan
berubah menjadi serupa dengan gambar-Nya. Kita harus mendorong yang sakit dan menderita untuk melihat Yesus dan hidup.
Biarkan pekerja Kristus, Tabib Agung, terus-menerus menghadapkan mereka kepadanya segala penyakit jiwa
dan raga yang telah membawa keputusasaan. Arahkan mereka
kepada Dia yang dapat menyembuhkan baik penyakit jasmani
maupun rohani. Katakan
kepada mereka Dia yang menyentuh dengan perasaan segala kelemahan mereka. Dorong mereka untuk
menempatkan dirinya dalam perawatan-Nya yang menyerahkan nyawa-Nya untuk memampukan mereka untuk memiliki
hidup yang kekal. Bicara dari kasih-Nya, Katakan kekuasaan-Nya untuk
menyelamatkan. {MH 144.1}
Kemenangan kita sebagai orang percaya
diperoleh melalui kasih karunia Kristus, yang ia dapat dan akan diberikan
kepada semua orang yang menaruh kepercayaan mereka didalam Dia. Ini adalah kabar baik di mana Kristus ingin kita terhibur. Dalam
semua kesengsaraan dimana anak Allah harus menerimanya, apa pun posisinya dalam dunia, Dia mungkin gembira dalam kontemplasi kebenaran bahwa Kristus telah
mengatasi dunia. {ST September 2, 1897, par. 10}
Oh, manusia akan membuka pikiran mereka untuk mengenal akan Allah karena telah
terungkap melalui Anak-Nya! Kebenaran keluar dari bibir Yesus,
tidak rusak dengan filsafat manusia.
Kata-katanya berasal dari surga, seperti bibir fana tidak pernah berbicara
atau telinga fana tidak
pernah mendengar. Hatinya adalah mezbah yang membakar api cinta yang tak terbatas. Kebaikan, rahmat, dan
kasih yang bertakhta di hati Anak Allah. Dia mendirikan Kemah Suci di
tengah-tengah perkemahan manusia, kemahnya berada
di sisi tenda-tenda manusia, bahwa ia tinggal
diantara mereka dan membuat mereka akrab dengan karakter
ilahi-Nya dan cinta-Nya. Tidak ada yang bisa mengasihi Kristus dan
memberi penghormatan kepada dia tanpa melayani dan menghormati Allah yang tak
terbatas. Mereka yang memiliki apresiasi terhadap karakter dan misi Kristus, dipenuhi dengan hormat dan kekaguman, karena mereka memandang dia dan merasa bahwa mereka sedang mencari-Nya di bait Allah yang hidup. Petugas dikirim untuk mengambil Anak Allah,
bahwa mezbah di mana Allah telah diabadikan akan hancur. Tapi saat mereka mendekat
dan mendengar kata-kata bijaksana ilahi yang keluar dari bibirnya, mereka terpesona,
dan kekuatan dan excel ence instruksi nya memenuhi hati dan pikiran mereka bahwa mereka lupa akan tujuan
utamanya dimana Dia telah dikirim. Kristus menyatakan diri-Nya kepada jiwa mereka. Divinity melintas melalui kemanusiaan, dan mereka
kembali dipenuhi
dengan satu pemikiran ini, mereka terpesona dengan
ide-ide yang
ia sajikan,ketika para pemimpin Israel bertanya,
"Mengapa kamu tidak membawanya?" mereka menjawab, "Tidak
pernah seorang manusia pun berkata-kata seperti orang ini." Mereka
telah melihat apa yang tidak dilihat oleh para imam dan
penguasa , kemanusiaan-Nya dibanjiri cahaya dan kemuliaan ilahi. Mereka yang melihat kemuliaan ini akan ditarik untuk mengasihi Yesus dan mengasihi Bapa
yang ia wakili. Kristus ditinggikan dengan karakter Allah,
menghubungkan dia dengan
pujian, dan memberikan kepadanya kredit, dari seluruh
tujuan misi-Nya
di bumi,-untuk mengatur orang yang tepat melalui wahyu
Allah. Dalam Kristus tersusun dihadapan manusia rahmat bapa dan kesempurnaan yang tak tertandingi dari Bapa. Dalam doanya sebelum penyaliban-Nya, ia
menyatakan, "Saya telah memanifestasikan nama-Mu." "Aku telah
memuliakan Engkau di bumi;. saya telah menyelesaikan pekerjaan
yang engkau perintahkan
untuk saya lakukan "Ketika obyek misinya
tercapai,-wahyu Allah kepada dunia,-Anak Allah mengumumkan bahwa karyanya
selesai, dan bahwa karakter Bapa dibuat nyata dengan manusia. {ST 20 Januari 1890, par. 9}
Tidak ada komentar:
Posting Komentar